Jumat, 30 Mei 2014

Johor Bahru - Kuala Lumpur Family Trip 2014 (Day 2)

JB Sentral - Legoland Malaysia

Pagi hari kami pun bangun dan mandi, dilanjut sarapan di kopitiam depan hotel. Ada pilihan Nasi Lemak, Chicken Rice, Bubur, Dried Mee, Dim Sum dan lainnya dengan kisaran harga RM 2-4. Setelah sarapan, kami pun kembali ke hotel untuk berkemas dan check-out dari hotel. Proses check-out sangat cepat, dan kami pun mulai berjalan menuju JB Sentral yang tidak terlalu jauh dari Hotel Hanya Satu. JB Sentral merupakan pusat dari semua moda transportasi darat di Johor Bahru dan terintegrasi dengan bangunan Sultan Abdul Samad yang dikenal dengan JBCIQ (kantor imigrasi dan perbatasan Johor Bahru - Singapore). Sebelum kami mencari bis yang membawa kami ke Legoland, kami menyimpan koper2 kami di locker rental yang ada di samping KFC. Cukup masukkan uang ke dalam mesin, lalu koin akan keluar dengan sendirinya. Harga 1 koin = RM 5. Kami menyewa 1 locker besar seharga RM 15, lalu kami masukkan semua koper kami ke dalam dan menguncinya.
        Dari locker rental, kami pun turun ke lantai dasar, menuju tempat perhentian bis. Di sepanjang menuruni tangga, banyak yang menawarkan rental mobil, dan kami pun mencari tempat perhentian bis LM1 yang ternyata ada di bagian ujung. Di sana sudah banyak orang yang akan naik menuju Legoland juga. Bis LM1 memiliki rute : JB Sentral -> Terminal Larkin -> Putri Harbour (Hello Kitty Land) -> Legoland -> Terminal Gelang Patah. Saat kami ke sana, bis sudah berangkat (on time), dan bis selanjutnya tiba sekitar 1 jam lagi. Kami pun memutuskan naik ke atas lagi sambil menunggu bis tiba. Kami pun masuk ke Starbucks, memesan kopi dan ngobrol santai sambil foto2 selfie. Setelah itu kami pun turun kembali ke bawah, dan tak lama kemudian bis pun tiba. Bis yang kami naiki penuh sesak, banyak penumpang yang berdiri. Harga Tiket bis ini sekitar RM 4 untuk dewasa, dan RM 2.5 untuk anak usia 3-12 tahun. Anak 2 tahun ke bawah free alias gratis naik bis ini. Informasi mengenai jadwal dan rute bus bisa dilihat di sini.

Halte bis JB Sentral
Narsis di Starbucks JB Sentral

Bis LM1 ini memiliki rute JB Sentral-->Larkin-->Putri Harbour-->Legoland-->Gelang Patah (bolak-balik). Sepanjang perjalanan kami melihat masih banyak tanah yang gersang, karena Legoland ini terletak di daerah Iskandar Jaya yang memang merupakan kawasan yang sedang berkembang. Sekitar 1 jam bis pun berhenti di halte yang terletak di belakang Legoland (pada awalnya bis ini berhenti di depan Medini Mal yang terletak di depan Legoland. Kami pun berjalan sekitar 500m menuju gerbang Legoland. tiba di sana kami pun foto2 narsis dulu, menandakan kami pernah menginjak tempat ini. Setelah puas berfoto ria, kami pun masuk dan menunjukkan e-tiket yang sudah kami cetak sebelumnya. (jika kita memesan >7 hari sebelum kedatangan, diskon 20% dari normal rate). Keterangan lebih jelas bisa dilihat di sini.

Foto di Gerbang Legoland
Foto seluruh rombongan
Kami pun bermain dan berfoto ria di dalam Legoland (untuk keterangan wahana ditampilkan di halaman lain ya...!!!). Sekitar jam 3 sore, perut kami pun berteriak. Kami pun masuk ke restorant Pizza Mania yang tidak jauh dari tempat terakhir kami main. Kami pun memesan paket Family seharga RM 75 (sekitar Rp 200rb an) yang terdiri dari 4 Soup (mushroom/brokoli)+4 chicken wings+1 Pizza Large (Hawaian Chicken)+4 buah segar potong+4 soft drink. Harganya cukup standard dengan di Indonesia menurut saya. Pizza dan chicken wings nya lumayan enak, mushroom soupnya juga.
Makan siang di Pizza Mania
             Setelah kenyang makan kami pun berfoto di miniatur bangunan terkenal dunia, sambil berjalan menuju pintu keluar, karena kami takut ketinggalan bis. Oh iya, kami juga membeli oleh2 di sana. Kebetulan sedang ada sale, t-shirt polos dengan logo Legoland harganya RM 15, mainan Lego edisi Christmas (kereta api, pohon natal) harganya RM 5, Mug dan magnet kulkas RM 10. Tips : Harga souvenir di Legoland sangat mahal, tapi kalo mau beli, pilihlah souvenir dengan label putih, bukan label dengan barcode karena yang label putih harganya lebih murah, tapi kualitasnya cukup bagus.
      Kami pun menunggu bis LM1 yang akan mengantar kami kembali ke JB Sentral. Di halte sudah banyak orang yang akan naik bis ini juga. Dari percakapan antar mereka, ternyata kebanyakan adalah orang Indonesia juga. Setelah menunggu sekitar 45 menit bis pun datang. Para penumpang berebut naik, dan tak lama kemudian bis pun berangkat. Sepanjang perjalanan menuju Larkin, cuaca sedikit gerimis. Tiba di JB Sentral, kami pun memutuskan untuk makan malam dulu. Tadinya kami mau mencoba kulineran di Jalan Meldrum, tapi karena gerimis cukup deras, kami pun memutuskan mencari makan di mal JB City Square melalui jembatan yang terhubung dengan JB Sentral. Kami pun makan malam di KFC, rasa ayamnya tidak sepedas di Indonesia. Setelah itu kami kembali ke JB Sentral untuk mengambil koper dan menunggu kereta KTM yang akan membawa kami ke Kuala Lumpur. Tadinya kami ingin memesan tempat duduk kelas sleeper, tapi tidak tersedia, jadi kami pun memesan kursi standard (booking bisa dilakukan 30 hari sebelum keberangkatan di website KTMB). Jam 12 malam petugas mulai membuka pintu peron, dan kami pun naik ke dalam kereta. Cara ini bisa dilakukan untuk menghemat biaya penginapan, karena kita bisa tidur di kereta sepanjang malam.

Biaya-biaya :

Tiket Legoland Dewasa : RM 112 (disc 20%, harga normal RM 140, pesan >7 hari sebelum kedatangan)
Tiket Legoland Anak     : RM   88 (disc 20%, harga normal RM 110, pesan >7 hari sebelum kedatangan)
Anak-anak dibawah umur 4 tahun free.

Tiket bus LM1 Dewasa : RM 4.5 one way
Tiket bus LM 1 Anak    : RM 2.7 one way (4-12 tahun, di bawah 4 tahun free)