Kamis, 22 Juni 2017

Libur Lebaran 2017 (Day 1) : Karawang - Cikampek - Bandung

Hi friends... kali ini saya akan menulis perjalanan libur lebaran 2017 dan kebetulan kami memilih Bandung sebagai tujuan wisata kali ini, soalnya budgetnya ngga cukup kalo untuk naik pesawat. Berhubung kami ngga mau macet2 an di jalannya, maka saya pun memilih opsi naik kereta api. Setelah searching, saya pun memesan tiket KA Ciremai Express dengan rute Cikampek - Bandung dan tiket bisa dipesan di alamat : http://tiket.kereta-api.co.id. Saya memesan tiket kelas Eksekutif sekitar Rp 140.000,00, dan perjalanan kereta dari Stasiun Cikampek adalah sekitar pukul 23.00. Pukul 17.00 kami pun berangkat ke Stasiun Karawang dengan memesan Grab Car. Tiba di stasiun, kami pun menunggu loket dibuka. Semestinya, loket dibuka sekitar pukul 18.00, tapi berhubung bulan puasa, kami pun menunggu petugas loket selesai buka puasa dulu. Akhirnya loket pun dibuka, dan saya pun membeli tiket untuk kami ber 4.
Di Stasiun Karawang
Antri tiket kereta lokal

Sekitar jam 19.00, kereta pun tiba dari Stasiun Tanjung Priok, dan kembali melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Cikampek dan terakhir Stasiun Purwakarta. Kurang lebih setengah jam perjalanan kami pun tiba di Stasiun Cikampek. Saya pun mencetak boarding pass di mesin pencetakan mandiri dengan menggunakan kode booking yg kita peroleh saat memesan tiket. Tanpa boarding pass ini, kita tidak bisa naik meskipun sudah booking, dan boarding pass bisa dicetak mulai 48 jam hingga 10 menit sebelum keberangkatan.  Setelah mencetak boarding pass, kami pun makan malam di sekitar stasiun hingga tiba waktunya kereta Ciremai Express tiba.
Wefie dulu di Stasiun Cikampek
      Sekitar pukul 23.00 kereta Ciremai Express memasuki Stasiun Cikampek, dan kami pun naik ke atas kereta berdasarkan nomor gerbong dan nomor kursi yang tercetak di boarding pass. Setelah kami duduk di kursi kami, staff kereta api datang membagikan selimut untuk penumpang yang belum kebagian, mungkin karena kereta malam, sebab jika siang selimut ini tidak dibagikan. Tak lama kemudian kereta pun berangkat dengan tujuan akhir, yaitu Stasiun Bandung.

Di dalam kereta Ciremai Express
 Sekitar pukul 01.10 dini hari, kereta pun tiba di Stasiun Bandung. Kami pun turun dan naik taksi menuju Hotel Yokotel yang sebelumnya sudah kami pesan via Agoda.com. Fyi, taksi di Stasiun Bandung tidak menggunakan argo jika kita naik malam hari. Untuk ke Yokotel, dari Stasiun Bandung normalnya Rp 10.000 s/d Rp 15.000. Tapi supir taksi mematok harga Rp 30.000 s/d Rp 50.000. Tiba di hotel, saya pun melakukan proses check-in dan mendapat kunci kamar. Akhirnya kami pun masuk ke kamar dan beristirahat, sebab besok pagi kami harus check-out dan berkeliling kota Bandung.