Jumat, 06 Mei 2016

Libur Long Weekend 2016 (Day 1) : Going to BSD Again..!!!!

Karawang - Jakarta - BSD
        Ceritanya saya habis nukerin Fiesta Point Mandiri saya dengan tiket pertunjukan Madagascar Live! Show yang akan diadakan di ICE BSD tanggal 5-7 Mei 2016. Berhubung penukaran tiket ini hanya untuk pertunjukan tanggal 7 Mei 2016 jam 14.30, saya dan istri memutuskan untuk menginap dari tanggal 6 Mei. Pagi-pagi kami semua sudah bangun dan mandi. Setelah semua siap kami pun berangkat menuju rumah kakak ipar untuk menitipkan motor kami. Dari situ kami pun menuju Stasiun Karawang yang berlokasi tidak jauh dari rumah kakak ipar. Sebelumnya saya membeli dulu tiket kereta Lokal Cikampek-Jakarta @ Rp 5.000,00 di loket stasiun. Jam 05.15 kereta pun datang, sedikit telat dari jadwal yaitu 05.05. Penumpang terlihat lebih banyak dari biasanya, maklum libur panjang. Setelah mendapat tempat duduk, kami pun menikmati perjalanan menuju Stasiun Kota (Beos). Kami turun di Stasiun Pasar Senen, karena kami harus naik Commuter Line (KRL) menuju Stasiun Rawa Buntu.
Stasiun Pasar Senen
Rute yang kami pilih kali ini bisa dijadikan pilihan karena hanya 1x transit yaitu di Stasiun Tanah Abang saja, lalu berganti naik tujuan Serpong/Parung Panjang.
Di bawah ini saya buatkan beberapa rutenya bagi para pembaca yang berasal dari Karawang/Cikampek/Purwakarta yang ingin  mencoba naik kereta lokal+commuter menuju BSD/Serpong :

Rute 1 : Karawang --> Pasar Senen/Kemayoran --> Tanah Abang --> Rawa Buntu

Rute 2 : Karawang --> Stasiun Kota --> Kampung Bandan --> Tanah Abang --> Rawa Buntu

Untuk rute pulang, bisa menggunakan pilihan seperti di bawah ini :

Rute 1 : Serpong --> Tanah Abang --> Kampung Bandan --> Stasiun Kota (Beos) --> Karawang

Rute 2 : Serpong --> Tanah Abang --> Manggarai --> Stasiun Kota (Beos) --> Karawang

Tips :
  • Jika anda berangkat pagi dari Karawang, saya sarankan ambil kereta yang berangkat dari Cikampek, yaitu jam 5.05 dan 05.42, sebab jika naik yang jam 06.30 dari Purwakarta sering sudah penuh.
  • Saat anda membeli tiket Commuter sekali jalan, sebutkan stasiun tujuan akhir anda, misalnya anda ingin ke BSD, bilang saja stasiun Rawa Buntu. Jadi meskipun anda transit di stasiun Tanah Abang, anda tidak perlu membeli karcis lagi. Untuk tiket sekali jalan dikenakan tambahan Rp 10.000,00 per kartu yang bisa anda refund di stasiun tujuan. Contoh anda membeli tiket dari Stasiun Kota ke Rawa Buntu, tarif tiket adalah Rp 4.000,00 tapi anda membayar Rp 14.000,00. Jika anda lupa merefund pada hari itu tidak masalah, karena kartu anda memiliki masa 7 hari. Lewat 7 hari tidak dapat direfund. Kecuali untuk kartu multi trip/Flazz BCA/E-Money, anda bisa menggunakannya seperti kartu  Ez-Link di Singapore.
  • Saya jika main ke BSD selalu turun di stasiun Rawa Buntu, karena dari situ mudah mendapatkan kendaraan seperti Taksi/Angkot. Untuk pulang saya naik dari stasiun Serpong
  • Jika anda melihat rute yang saya buat di atas, warna yang ditampilkan adalah warna rute dari Commuter Line, sehingga anda bisa tahu di stasiun mana anda mesti transit/ganti kereta. Tanyakan selalu pada petugas stasiun, kereta tujuan anda berada di peron berapa, supaya anda tidak salah naik.
KRL Commuter jurusan Jatinegara-Tanah Abang
KRL Commuter tujuan Tanah Abang-Serpong
Oke, kita lanjut lagi ceritanya. Setelah tiba di stasiun Rawa Buntu, kami pun naik taksi menuju POP! Hotel, dan setelah menitipkan tas kami ke petugas, kami pun melanjutkan perjalanan menuju AEON Mall. Tiba di sana mal belum buka, dan kami pun berkeliling dulu dan melihat-lihat. Ntar dilanjut lagi ya ceritanya...!!!